Cara mencopot perangkat lunak iOS atau iPadOS beta

Anggota Program Perangkat Lunak Apple Beta, Programme Seed Pelanggan, dan Apple Developer Programme dapat mencoba rilis beta iOS atau iPadOS. Artikel ini menjelaskan cara kembali ke iOS atau iPadOS versi terbaru yang dirilis secara umum jika Anda menginstal versi iOS beta dan tidak menginginkannya lagi.

Menghapus beta publik dengan menghapus profil beta

Jika menggunakan komputer untuk menginstal iOS atau iPadOS beta, Anda harus memulihkan iOS atau iPadOS untuk menghapus versi beta.

Cara termudah untuk menghapus versi beta publik adalah dengan menghapus profil beta, lalu menunggu pembaruan perangkat lunak berikutnya. Berikut tindakan yang harus dilakukan:

  1. Buka Pengaturan > Umum, lalu ketuk Manajemen VPN & Perangkat.
  2. Ketuk Profil Perangkat Lunak iOS Beta.
  3. Ketuk Hapus Profil, lalu mulai ulang perangkat Anda.

Jika iOS atau iPadOS versi publik berikutnya tersedia, instal versi tersebut untuk kembali ke iOS atau iPadOS versi non-beta. Jika pembaruan telah tersedia, Anda dapat menginstalnya dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, tetapi versi iOS atau iPadOS harus lebih baru dari versi yang Anda gunakan.

Jika Anda tidak ingin menunggu pembaruan perangkat lunak untuk menginstal iOS atau iPadOS versi non-beta, ikuti langkah-langkah untuk memulihkan iOS atau iPadOS.

Menghapus versi beta pengembang dengan memulihkan perangkat Anda

Untuk menghapus versi beta pengembang segera, Anda harus menghapus dan memulihkan perangkat. Kemudian, jika Anda memiliki cadangan yang diarsipkan, Anda dapat mengatur perangkat lagi dari cadangan tersebut.

Perhatikan bahwa cadangan yang dibuat saat menggunakan perangkat lunak beta mungkin tidak kompatibel dengan iOS atau iPadOS versi lebih lama. Jika tidak memiliki cadangan lebih lama yang dibuat menggunakan iOS atau iPadOS versi saat ini, Anda mungkin tidak dapat memulihkan perangkat dengan cadangan terbaru Anda.

  1. Pastikan Mac menggunakan macOS versi terbaru atau iTunes versi terbaru.
  2. Sambungkan perangkat ke komputer, lalu aktifkan mode pemulihan pada perangkat dengan langkah-langkah berikut:
    • Di iPad tanpa tombol Utama: Tekan dan lepaskan dengan cepat tombol volume yang paling dekat dengan tombol atas. Tekan dan lepaskan dengan cepat tombol volume yang paling jauh dari tombol atas. Tekan dan tahan tombol atas hingga iPad memulai ulang. Jika Anda tidak yakin, lihat tombol yang perlu ditekan untuk memulai ulang iPad. Tekan terus tombol atas hingga iPad masuk dalam mode pemulihan.
    • Untuk iPhone viii atau versi lebih baru: Tekan dan lepaskan dengan cepat tombol volume naik. Tekan dan lepaskan dengan cepat tombol volume turun. Kemudian, tekan dan tahan tombol samping hingga Anda melihat layar mode pemulihan.
    • Untuk iPhone 7, iPhone vii Plus,atau iPod touch (generasi ke-7): Tekan dan tahan tombol Tidur/Bangun dan volume turun secara bersamaan. Jangan lepaskan kedua tombol saat Anda melihat logo Apple. Terus tahan kedua tombol hingga Anda melihat layar mode pemulihan.
    • Untuk iPhone 6s dan versi lebih lama, iPad dengan tombol Utama, atau iPod touch (generasi ke-6 atau versi lebih lama): Tekan dan tahan tombol Tidur/Bangun dan Utama secara bersamaan. Jangan lepaskan kedua tombol saat Anda melihat logo Apple. Terus tahan kedua tombol hingga Anda melihat layar mode pemulihan.
  3. Klik pilihan Pemulihan saat ditampilkan. Langkah ini akan menghapus perangkat dan menginstal iOS atau iPadOS versi non-beta terbaru. Jika pengunduhan berlangsung lebih dari fifteen menit dan perangkat Anda keluar dari layar mode pemulihan, tunggu hingga pengunduhan selesai, lalu ulangi langkah 2.
  4. Tunggu hingga pemulihan selesai. Jika diminta, masukkan ID Apple dan kata sandi, yang akan menonaktifkan Kunci Aktivasi. Jika proses pemulihan tidak dapat diselesaikan, pelajari tindakan yang harus dilakukan.

Setelah pemulihan selesai, Anda dapat mengatur perangkat dari cadangan yang diarsipkan yang harus berasal dari iOS atau iPadOS versi lebih lama.

Jika Anda mencadangkan perangkat yang menggunakan iOS atau iPadOS beta ke iCloud atau komputer, cadangan tidak akan dapat digunakan pada iOS atau iPadOS versi lebih lama. Misalnya, jika Anda kembali ke iOS 11.4.ane dari iOS 12 beta, cadangan yang Anda buat saat menggunakan iOS beta tidak akan dipulihkan. Sebagai gantinya, pulihkan dari cadangan yang pernah Anda buat sebelum menginstal iOS atau iPadOS beta.

Perbarui jika ada peringatan yang menyatakan bahwa pembaruan iOS atau iPadOS baru telah tersedia

Jika Anda melihat peringatan ini, berarti iOS atau iPadOS versi beta pada perangkat Anda sudah tidak berlaku dan Anda harus memperbaruinya. Ketuk Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, lalu instal pembaruan.

Tidak melihat pembaruan yang tersedia? Hapus versi beta pengembang dengan memulihkan perangkat Anda. Atau, jika Anda sudah menghapus profil beta, daftarkan perangkat dalam program beta publik atau program beta pengembang lagi.

Tanggal Dipublikasikan: